KD-02

Bahasa Pemrograman dan Fungsinya

Bahasa secara harafiah adalah suatu alat yang merupakan hasil kebudayaan yang dimanfaatkan agar setiap makhluk bisa berkomunikasi satu sama lain. dengan adanya bahasa, maka baik itu manusia, hewan, tumbuhan, dan bahkan makhluk lain bisa saling berkomunikasi satu sama lain.

Pada era perkembangan komputer dan juga mesin, muncul sebuah masalah, dimana banyak para teknisi yang mungkin tidak mengerti bagaimana cara memberi perintah ke dalam sebuah mesin. Maka dari itu, tercetuslah sebuah ide untuk menciptakan sebuah bahasa yang bisa digunakan oleh manusia untuk mengontrol sebuah mesin. Bahasa pemrograman atau bahasa mesin ini kemudian digunakan secara umum. Pada awalnya, bahasa pemrograman yang diciptakan hanyalah bermodalkan kode biner, satu – satunya kode yang dimengerti oleh mesin pada saat itu. Namun, berkat pengembangan teknologi dan juga ilmu pengetahuan, saat ini bahasa pemrograman sudah mencapai level bahasa pemrograman tingkat tinggi, yang mana lebih mudah dimengerti oleh manusia, dan juga dimengerti oleh mesin.

Fungsi bahasa pemrograman

Secara umum ada beberapa fungsi utama dari sebuah bahasa pemrograman, yaitu :

  • Sebagai media komunikasi antara operator dengan mesin
  • Sebagai media mengoperasikan sebuah mesin
  • Sebagai media bagi programmer dalam mengembangkan sebuah aplikasi
  • Memberikan perintah kepada mesin dan komputer

Jenis bahasa pemrograman
Saat ini, ada banyak sekali jenis / macam bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh para programmer.

Bahasa C

Kalau di dalam Bahasa manusia, terdapat beberapa bahasa yang menjadi bahasa Induk, seperti Bahasa Yunani, Bahasa Latin dan juga Bahasa Arab, maka dalam bahasa pemrograman, hal ini juga berlaku. Ya, ada satu bahasa pemrograman yang tertua, dan merupakan bahasa induk dari berbagai macam bahasa pemrograman yang ada hingga saat ini. Dialah bahasa pemrograman C.

Penggunaan bahasa C

Bahasa C saat ini banyak digunakan hanya sebagai media pembelajaran, dimana setiap siswa yang akan mempelajari tentang pengembangan sebuah software, biasa akan diajarkan bahasa C terlebih dahulu, karena bahasa C merupakan dasar dari beberapa bahasa pemrograman yang banyak digunakan saat ini. dengan memahami dasar – dasar yang digunakan dalam bahasa C, maka nantinya para programmer akan menjadi lebih mudah dalam memahami bahasa – bahasa pemrograman lainnya.

Bahasa Pemrograman C++

Bahasa pemrograman C ++ ini merupakan “anak” dari bahasa pemrograman C. C ++ dibuat dan dikembangkan untuk menyempurnakan kemampuan bahasa C dalam membuat sebuah program dan juga aplikasi. C ++ memiliki sintaks penulisan scipt code yang hampir sama, karena memang berasal dari bahsa yang sama. Namun demikian, yang membedakan antara bahasa pemrograman C ++ dengan bahasa pemrograman C adalah dari segi penyelesaian masalah.

Bahasa pemrograman C ++ menggunakan pendekatan pemecahan masalah, dimana masalah – masalah yang muncul tersebut akan terbagi – bagi ke dalam kelas (class) tertentu, berbeda dengan bahasa pemrograman C yang menyelesaikan masalah dengan cara membaginya ke dalam sub – sub masalah yang lebih kecil lagi.

Penggunaan bahasa pemrograman C ++

Bahasa pemrograman C ++ juga merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer dan banyak digunakan dalam mengembangkan dan membuat sebuah program ataupun software. Adobe, yang merupakan pengembang software besar dengan banyak aplikasinya, menggunakan bahasa perograman C ++ dalam mengembangkan berbagai macam aplikasi yang mereka buat. Selain itu, browser yang banyak kita gunakan sehari – hari untuk melakukan surfing di internet, yaitu Mozilla Firefox, juga merupakan salah satu software yang menggunakan bahasa pemrograman C ++ dalam pengembangannya.

Bahasa Pemrograman C#

Bahasa pemrograman C# atau yang bisa diucapkan sebagai C Sharp ini merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. Pada dasarnya, Microsoft mengembangkan bahasa pemrograman C# ini adalah bertujuan untuk menggabungkan fungsi dan juga keunggulan masing – masing dari kedua bahasa pemrograman yang sudah ada sebeleumnya, yaitu bahasa pemrograman C dan bahasa pemrograman C ++.

Penggunaan Bahasa pemrograman C#

Secara umum, bahasa pemrograman C# ini merupakan bahasa pemrograman yang banyak digunakan pada pengembangan sistem dan juga aplikasi serta software berbasi Microsoft. Jadi, secara alamiah,, bahasa pemrograman ini tidak seperti bahasa pemrograman C ++ dan juga Java yang sifatnya multi platfor, karena hanya dapat digunakan dan juga dikembangkan menjadi aplikasi yang berbasis sistem operasi dan juga segala benuk sistem besutan Microsoft.

HTML / CSS

Dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML dan CSS ini, maka setiap programmer dapat mengembangkan sebuah website yang menarik dan juga interaktif. Pada dasarnya, HTML atau CSS ini merupakan dasar dari berbaagi macam bahasa pemrograman yang berbasi web, sehingga agar bisa memahami berbagai macam bahasa pemrograman berbasis web, anda juga perlu untuk mempelajari bahasa pemrograman HTML / CSS ini.

ActionScript

Bahasa pemrograman yang termasuk populer berikutnya adalah bahasa pemrograman ActionScript. ActionScript ini merupakan bahasa pemrograman yang banyak dimanfaatkan untuk pengembangan website dan juga situs di dalam internet. Merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh macromedia, yang mana kemudian diakuisisi oleh perusahaan teknologi terkenal, yaitu Adobe.

Secara umum, penggunaan actionscript juga merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dibuat dengan basis flash dan juga produk dari adobe, sehingga hal ini turut meningkatkan popularitas dari bahasa pemrograman ActionScript tersebut.

Penggunaan dari bahasa pemrograman ActionScript

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, bahasa pemrograman ActionScript merupakan bahasa pemrograman yang dibuat dengan basis adobe dan juga flash. Selain digunakan untuk mengembangkan aplikasi dan juga software berbasi adobe dan juga flash, actionScript juga banyak dimanfaatkan sebagai bahasa pemrograman yang digunakan pada beberapa aplikasi basis data, untuk melakukan proses manajemen basis data, contohnya adalah penggunaan sistem Alpha Five dalam basis data.

Hingga saat ini, ActionScript sudah mencapai versi, alias generasi ketiga dari awal mula dikembangkan oleh macromedia, dan banyak dimanfaatkan oleh para programmer yang berbasis flash.

Secara grafik penggunaan bahasa pemrograman yang populer / banyak digunakan sebagai berikut :

Bahasa pemrograman terpopuler menurut StackOverflow 2019

Jenis jenis bahasa pemrograman komputer dan mesin memang sangat banyak sekali, jika kita totalkan mungkin bisa ada ratusan bahasa, namun yang paling populer hanya beberapa saja.